Kamis, 06 Januari 2011

APBN

Pengertian Anggaran

Secara umum, pengrtian anggaran adalah rencana keuangan yang mencerminkan pilihan kebijakan untuk periode pada masa yang akan datang, sedangkan secara sempit pengertian anggaran adalahg suatu pernyataan tentang perkiraan pengeluaran dan penerimaan yang diharapkan akan terjadi pada suatu periode dimasa yang akan datang. Serta data pengeluaran dan penerimaan yang sungguh-sungguh terjadi di saat ini dan masa lalu.
Semua tindakan pemerintahan yang mempunyai akibat keuangan sehingga negara dibebani kewajiban untuk membayar dan negara memperoleh hak untuk menagih adalah termasuk dalam bidang keuangan negara. Untuk dapat menjabarkan pengertian keuanagn negara tersebut secara riil maka diperlukan adanya proses perencanaan atau planing. Proses perencanaan dalam kaitannnya dengan APBN tentu berkaitan dengan perencanaan keuangan (budgeting atau penganggaran). Budget atau anggaran daalam pengertian umum diartikan sebagai suatu rencana kerja untuk suatu periode yang akan datang yang telah dinilai dengan uang. Pengertian budget yang demikian ini merpakan serapan dari bahasa inggris, kata budget yang digunakan di inggris sendiri merupakan serapan dari istilah bahasa perancis yaitu bouge atau bougette yang berarti “tas” dipinggang yang terbuat dari kulit. Yang kemudian di inggris kata budget ini berkembang artinya menjadi tempat surat yang terbuat dari kulit, khususnya tas tersebut dipergunakan oleh mentri keuangan untuk menyimpan surat-surat anggaran. Sementara itu di negeri belanda, anggaran disebut begrooting yang berasal dari bahasa belanda kuno grote yang berarti memperkirakan.
Di indonesia sendiri pada awal mulanya atau pada zaman hindia belanda secara resmi digunakan istilah bergroating untuk menyatakan pengertian anggaran. Namuna sejak proklamasi tanggal 17 agustus 1945 istilah anggaran pendapatan dan belanja dipakai secara resmi dalam pasal 23 ayat 1 UUD 45 dan didalam perkembangan selanjutnya ditambahkan kata negara untuk melengkapinya sehingga menjadi anggaran pendapatan dan belanja negara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar